Gereja Megah & Terpopuler di Prancis

Gereja Megah & Terpopuler di Prancis

Gereja Megah & Terpopuler di Prancis – Berdasarkan dari beberapa catatan, sejarah Prancis berasal dari Zaman Besi. Kemudian berabad-abad semenjak itu, Prancis sudah menjadi rumah bagi beberapa gereja yang paling bersejarah dan paling penting secara arsitektural di dunia. Mulai dari Gothic cathedrals hingga gereja modern oleh para arsitek kontemporer, sebagian besar budaya dari Prancis dapat ditemukan dalam struktur religiusnya. Pada perjalanan Anda untuk berliburan atau menetap pada negara yang menakjubkan ini, pastikan untuk menjelajahi beberapa gereja yang paling terkenal dan juga terindah di Prancis. Berikut ini daftar dari berbagai gereja tersebut.

1. Chartres Cathedral

Gereja Megah & Terpopuler di Prancis

Pada 1194, pembangunan Katedral Chartres dimulai. Bangunan luar biasa ini, dibangun dengan gaya Gotik, dianggap sebagai salah satu bagian terpenting arsitektur di Prancis. Jendela kaca berwarna-warni terpelihara dengan baik, dan dua menara berbeda bersaing memperebutkan perhatian di atap katedral. Meski eksteriornya fenomenal, namun jangan lewatkan karya seni dan relik yang terdapat di dalamnya, seperti gaun yang diduga dikenakan oleh Maria saat melahirkan Yesus.

2. Notre Dame de Paris

Katedral Prancis yang paling terkenal adalah Notre Dame de Paris, yang dibangun mulai pertengahan abad ke-12. Permata arsitektur Paris, Notre Dame de Paris tak dapat disangkal dalam gaya Gotik, dan memiliki ukuran yang sangat besar. Penopang terbangnya termasuk yang pertama di dunia, dan banyak gargoyle digunakan tidak hanya untuk desain tetapi juga untuk penyangga kolom dan bahkan semburan air. Anda pasti ingin mengunjungi katedral, tetapi luangkan waktu untuk melihat ruang bawah tanah yang luas di bawah gereja yang terbuka untuk umum.

3. Amiens Cathedral

Hanya dua jam di luar Reims adalah Amiens, rumah bagi Katedral Amiens. Ketika Katedral Reims diresmikan, penduduk Amiens menginginkan sesuatu yang serupa. Jadi, pada abad ke-13, Katedral Gotik Prancis di Amiens dibangun. Ini hanya sedikit lebih tinggi dari yang ada di Reims, bagian yang disengaja dari proses perencanaan. Kantilever yang mengesankan menciptakan langit-langit tinggi untuk bagian tengah, menjadikannya struktur yang luar biasa untuk dilihat dari interior. Ukiran detail para santo, banyak di antaranya telah dilukis dengan rumit, hanyalah satu alasan lagi untuk menjelajahi katedral indah di Prancis ini.

4. Reims Cathedral

Lebih dari 800 tahun yang lalu, pembangunan Katedral Reims dimulai. Saat ini, katedral adalah contoh arsitektur Gotik yang menakjubkan dan berfungsi sebagai daya tarik terbesar di kota Reims. Di katedral inilah banyak raja Prancis melakukan penobatan mereka, dan catatan menunjukkan bahwa bahkan Joan of Arc menghadiri salah satu upacara di abad ke-15 ini. Dengan banyak kapel dan penggunaan hiasan batang pertama di Prancis, dibutuhkan waktu hampir satu abad untuk menyelesaikan Katedral Reims.

5. Mont Saint Michel Abbey

Bagian dari daya tarik dan keindahan Biara Mont Saint Michel karena lokasinya. Pulau Mont Saint Michel hanya berjarak setengah mil dari pantai dekat Normandia, membuat akses menjadi terbatas. Mendekati pulau, Anda akan melihat biara yang muncul dari air, menempati sebagian besar pulau itu sendiri. Dibangun pada abad ke-15, dan masih menjadi rumah bagi para biarawan Benediktin, biara ini dikelilingi oleh jalan-jalan kuno, toko, kafe, dan museum yang didedikasikan untuk pulau dan sejarahnya.

6. Notre Dame de la Garde

Kota pelabuhan Marseille adalah rumah bagi Notre-Dame de la Garde yang luar biasa, sebuah katedral yang menghormati santo pelindung para pelaut. Katedral Katolik Roma dibangun di atas reruntuhan benteng kuno pada abad ke-19, dan dibangun dengan gaya Kebangkitan Bizantium. Di dalam, jangan lewatkan kesempatan untuk melihat patung Madonna and Child ikonik yang diukir dari tembaga dan ditutupi dengan daun emas yang cemerlang serta menara lonceng bergantung yang mengesankan dan lengkungan batu.

7. Saint Michel d’Aiguilhe

Gereja Megah & Terpopuler di Prancis

Mengunjungi Saint Michel d’Aiguilhe merupakan tantangan tersendiri. Gereja yang menakjubkan ini bertengger di titik berbatu, dan untuk mencapainya Anda harus menaiki 268 anak tangga curam yang diukir tepat di permukaan batu. Namun, pendakiannya sepadan dengan usahanya, karena Anda akan berkesempatan untuk melihat bangunan batu bata dan batu suci yang dibangun pada pertengahan abad ke-10. Gereja terlihat luar biasa dari bawah, tetapi naik ke puncak juga memberikan pemandangan yang menakjubkan di atas lanskap Prancis dan kota Aiguilhe.

8. Sacre-Coeur

Basilika Sacré-Coeur di Paris adalah salah satu gereja paling terkenal di Prancis. Pertama-tama, ini memiliki kehadiran yang mengesankan, berkat lokasinya di bukit yang bertengger di sekitar distrik Montmartre yang trendi dan berseni. Ini dirancang dengan gaya Romano-Bizantium, dan sangat mirip dengan Katedral Hagia Sophia yang terkenal di Istanbul. Salah satu fitur utama dari Sacré-Coeur adalah mosaik Yesus yang sangat besar, dan penyertaan hati emasnya.

9. Rouen Cathedral

Kota Rouen terkadang disebut Kota Seribu Menara karena merupakan rumah bagi begitu banyak gereja. Namun, satu yang menonjol di antara yang lain: Katedral Rouen. Katedral yang sangat besar dan menjulang tinggi ini adalah yang tertinggi di seluruh Prancis. Dengarkan lonceng tiap jam di menara lonceng 56 raksasa, kagumi Bookeller’s Stairway yang luar biasa, dan lihat patung-patung orang suci memenuhi dinding interior Katedral Rouen.

10. Monolithic Church of Saint-Jean

Kota Aubeterre-sur-Dronne kecil dan indah, dengan arsitektur tradisional dan rumah-rumah kuno. Daya tarik paling luar biasa di Aubeterre-sur-Dronne, bagaimanapun, sebenarnya di bawah tanah. Gereja Monolitik Saint-Jean diukir hampir seluruhnya dari batu kapur. Dibangun pada abad ke-7 dan sangat diperbesar pada abad ke-12, gereja ini memiliki bagian tengah berkubah, kolam baptisan, dan puluhan peti mati kuno. Ini jauh dari gambaran tradisional gereja Prancis, tetapi struktur religius yang unik ini benar-benar sejenis.

11. Strasbourg Cathedral

Katedral Strasbourg kadang-kadang disebut sebagai Katedral Merah Muda, referensi yang tidak terlalu halus untuk warnanya yang tidak biasa. Katedral ini dibangun dari batu pasir, memberinya warna merah jambu, dan memiliki puncak menara yang besar di satu sisi daripada di dua sisi yang dirancang untuk strukturnya. Arsitekturnya bergaya Romawi dan Gotik, dan masih ada layanan gereja Katolik yang sedang berlangsung di dalam katedral yang dapat Anda hadiri. Perhatikan jam astronomi di dalam katedral yang berasal dari abad ke-19 dan merupakan iterasi ketiga untuk strukturnya.

12. Bourges Cathedral

Pada awal abad ke-13, Katedral Katolik Roma ini didirikan di Bourges, Prancis. Dibangun dengan gaya Gotik Prancis, Katedral Bourges berdiri di tempat yang memiliki makna religius sejak setidaknya abad ketiga. Saat ini, katedral menawarkan tiga bagian ketinggian, desain dua lorong kontemporer dan fasad megah yang dibuat lebih menakjubkan dengan ukiran dan hiasan yang rumit. Hebatnya, banyak jendela kaca patri asli yang tersisa, banyak di antaranya menggambarkan dongeng dan cerita dari Perjanjian Lama dan Baru.